Sabtu, 13 Desember 2008

Sby jangan klaim prestasi KPK

13/12/2008 20:02
SBY Kok Klaim Kerja KPK?
Windi Widia Ningsih


INILAH.COM, Jakarta - KPK dinilai sukses 'menyikat' koruptor. Tanpa pandang bulu, pejabat maupun mantan pejabat, anggota DPR, bahkan hingga besan Presiden SBY, Aulia Pohan, disentuh KPK. Namun yang tak habis pikir, keberhasilan KPK diklaim sebagai hasil kerja pemerintahan SBY.

"Hal yang menarik, hasil-hasil kerja KPK ini diklaim oleh pemerintah SBY sebagai kerja pemerintah. Padahal KPK itu kan lembaga yang independen," kata Ketua komisi III DPR Trimedya Panjaitan di Jakarta, Sabtu (13/12).

Menurutnya, KPK bukan bagian dari pemerintah. Sebab KPK berdiri sendiri. Sedangkan pemerintah tidak berhak mengintervensi kerja KPK. Jadi KPK bukanlah pembantu presiden.

"Jadi prestasi yang baik itu adalah prestasi KPK, walaupun dari upaya menyelamatkan kerugian negara belum cukup maksimal," ujarnya.

Agar KPK lebih fokus pada upaya penyelamatan keuangan negara, saran Trimedya, yakni dengan menggunakan hasil laporan semester dari BPK. Jadi KPK tidak usah direpotkan dengan penyadapan.

"Menurut saya KPK bisa berjalan dengan cara mengevaluasi hasil laporan semester dari BPK. Itu semua institusi negara disebutkan kerugian negara, jadi sudah matang. Tidak perlu lagi KPK melakukan yang sulit-sulit melakukan penyadapan membongkar tindak pidana korupsi," katanya. [win/sss]

http://www.inilah.com/berita/politik/2008/12/13/68631/sby-kok-klaim-kerja-kpk/

Tidak ada komentar: