Sabtu, 10 Januari 2009

Megawati : 2009 berat

Megawati: 2009 Sulit
PDI-P Lakukan Sosialisasi di Indonesia Timur
Rabu, 7 Januari 2009 | 03:00 WIB

Makassar, Kompas - Krisis keuangan global akan membuat kondisi Indonesia pada tahun 2009 menjadi tidak mudah. Dampak yang akan dirasakan Indonesia dapat lebih buruk daripada ketika krisis melanda tahun 1998.

Demikian diungkapkan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri di depan tokoh agama dan masyarakat Sulawesi Selatan di Makassar, Selasa (6/1).

Megawati juga menilai, pemerintah masih belum sungguh yakin untuk menghadapi kondisi berat tersebut.

Mengawali kunjungannya ke Indonesia bagian timur itu, Megawati menegaskan bahwa fakta tersebut harus diungkapkannya bukan untuk menakut-nakuti rakyat, tetapi kenyataan itu perlu dinyatakan supaya masyarakat siap menghadapinya.

Megawati mengatakan pula, jika masyarakat terbukti mampu melewati krisis tahun 1998, ia yakin masyarakat pun akan mampu melewati krisis keuangan global saat ini.

Kunjungan Megawati ke Indonesia bagian timur kali ini merupakan rangkaian kunjungan silaturahim memperingati Tahun Baru Islam dan mengikat tali kasih sambil merayakan Natal serta Tahun Baru 2009.

Dalam rangkaian kunjungan tersebut, Megawati akan menanam benih padi Mari Sejahterakan Petani (MSP) di Desa Kolongan, Kabupaten Minahasa Utara (Sulawesi Utara), dan mengunjungi warga Grasberg, Tembagapura (Papua). Dalam kunjungan itu, Megawati antara lain didampingi oleh Sekretaris Jenderal PDI-P Pramono Anung dan Ketua Pemberdayaan Perempuan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan Puan Maharani.

Sosialisasi program

Kunjungan tersebut juga merupakan bagian dari sosialisasi program PDI-P tentang sembilan bahan pokok (sembako) murah. Program itu, antara lain, dilakukan dengan menata kembali ketimpangan struktur penguasaan dan penggunaan tanah ke arah yang lebih adil, mempercepat perbaikan dan pembangunan jaringan irigasi, serta meningkatkan operasi pasar untuk menurunkan harga sembako. Selain itu, perlu memperkuat koperasi petani serta membangun lumbung pangan dan bank pertanian.

Dalam rangkaian kunjungan itu, Megawati yang sudah ditetapkan sebagai calon presiden dari PDI-P juga akan bertemu dengan petani, buruh tambang minyak, guru bantu, serta perawat di Kabupaten Sorong (Papua Barat) serta mengunjungi Puskesmas Banti di Grasberg.

Wakil Ketua DPD PDI-P Sulsel Ferry Latupeirissa di Makassar, Senin, menjelaskan bahwa kunjungan Megawati kali ini adalah untuk menjaring aspirasi masyarakat. Silaturahim dengan masyarakat Indonesia kawasan timur itu penting karena sudah lama dijanjikan. Selain itu, banyak kepala daerah di Indonesia kawasan timur yang diusung oleh PDI-P. (jos/row)

http://cetak.kompas.com/read/xml/2009/01/07/00295711/megawati.2009.sulit

Tidak ada komentar: